SUARA INDONESIA BONDOWOSO

Pemkab Bondowoso Bakal Permudah Para Investor Buka Usaha, APERSI Antusias Kembangkan Perumahan

Bahrullah - 25 May 2023 | 20:05 - Dibaca 2.38k kali
Pemerintahan Pemkab Bondowoso Bakal Permudah Para Investor Buka Usaha, APERSI Antusias Kembangkan Perumahan
Irwan Bachtiar Rahmat Wakil Bupati Bondowoso saat menerima kunjungan para investor pengembang di bidang properti di Hotel Bharata

BONDOWOSO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso bakal memberikan kemudahan para investor dalam mengurusi perizinan untuk membuka dan mengembangkan usaha perumahan di kota Ki Ronggo.

Hal itu sebagaimana disampaikan Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat di Bharata hotel. Kamis (25/5/2023) saat menerima para investor yang mau membuka usaha perumahan di Kabupaten Bondowoso.

Lebih lanjut, Irwan Bachtiar merasa sangat senang, karena banyak investor melirik untuk berinvestasi di Kabupaten Bondowoso.

"Ini akan membawa dampak secara ekonomi, yang sesuai dengan visi misi Melesat (Mandiri ekonomi, lestari, sejahtera, adil dan terdepan)," ujarnya.

Irwan menegaskan, jika para investor sudah tertarik berinvestasi dan mengembangkan usahanya di Bondowoso, maka harus memberikan izin seluas-luasnya kepada mereka.

Menurut Irwan, tidak boleh ada OPD yang mempersulit untuk mengurusi surat-surat izinya mereka, untuk itu Pemkab akan terbuka seluas-luasnya kepada para investor yang akan membangun Bondowoso.

“Tentu, kami sangat senang, karena banyak pengusaha perumahan berminat untuk mengembangkan usaha di Bondowoso, karena selain meningkatkan perekonomian, juga memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat Bondowoso,” ujarnya.

Ditempat yang sama,Coordinator pengembang Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) Bondowoso, Muhammad Samsul Arifin mengatakan, kedatangan rombongan APERSI ke Bondowoso dalam rangka silaturahmi dengan Wakil Bupati dan OPD terkait, yang berkaitan dengan sarana dan prasarana wilayah yang ada.

“Pertemuan yang kita lakukan ini untuk percepatan investasi di Bondowoso dalam hal bidang perumahan. Tidak mudah untuk berbagi di bidang perumahan, karena berbagai aturan yang tumpang tindih antara pusat dengan Kabupaten,”terang pengusaha yang akrab disapa Arif ini.

Menurutnya, dengan adanya pertemuan ini, tambah Arif, pihaknya bisa melakukan komunikasi sehingga dapat mengetahui aturan-aturan yang sebelum kurang bisa dimengerti oleh para pengembang bisa lebih diterapkan dalam hal pembangunan.

“Seperti Lahan Sawah Dilindungi (LSD) yang sempat menjadi perbincangan hangat baik di Bondowoso maupun tingkat Nasional, karena kalau kita melihat lahan secara fisik strategis dan terkadang kita temui lahan tersebut kosong. Tetapi Ketika kita lakukan pembangunan itu tidak masuk atau tidak diperbolehkan, karena masuk lahan LSD, sebab, LSD ini memang untuk ketahan pangan,”ungkapnya.

Dengan adanya kasus seperti itu, kata Dia, jika memang lahan disetujui untuk tidak dipertahankan, maka pengembang bisa melakukan pembangunan di lahan tersebut.

 Sebaliknya, jika memang tidak disetujui otomatis lahan tersebut tidak dialihkan.

“Alhamdulillah untuk perijinan di Bondowoso cukup bagus dan lancar. Seperti komunikasi dengan pihak-pihak terkait sangat bagus dengan kita,”tegasnya. 

Dijelaskan, kedepan pihak APERSI rencana ada pengembangan, karena asosiasi melihat Bondowoso sangat potensi melihat perkembangan perumahan cukup bagus. Bahkan, para pengusaha dari Kabupaten lain mulai melirik untuk membuka usaha di Bondowoso.

“Saat ini minat masyarakat di Bondowoso mulai tumbuh, karena masuk kabupaten berkembang, sehingga minat masyarakat Bondowoso terhadap perumahan cukup tinggi,”ujarnya.

Tingginya minta warga Bondowoso terhadap perumahan, pihak APERSI mempunyai target penjualan lebih ditingkatkan. Sebab, kalau tahun kemarin dapat merealisasikan 200 unit rumah, maka untuk tahun ini bisa menjadi 500 unit. 

“Kalau melihat dari tingginya minat masyarakat, maka tentunya nominalnya juga akan meningkat. Semisal harga rumah per unit Rp 150 juta tinggal dikalikan 500 unit maka jumlahnya lumayan besar,”tandasnya.

Sementara untuk pengembangan yang baru, kurang lebih lima titik lokasi, seperti di Sekarputih, Karanganyar, Koncer dan daerah kota sendiri.

 “Untuk sementara itu kita masih berkutat di wilayah kota Bondowoso,”imbuhnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya