SUARA INDONESIA BONDOWOSO

Launching Polisi RW, Kapolres Polres Bondowoso Sebut Tuk jadi Problem Solving di Masyarakat

Bahrullah - 23 May 2023 | 14:05 - Dibaca 2.79k kali
TNI/Polri Launching Polisi RW, Kapolres Polres Bondowoso Sebut Tuk jadi Problem Solving di Masyarakat
Jajaran Polres Bondowoso salam Presisi usai melaksanakan apel

BONDOWOSO - Polres Bondowoso melaunching program Polisi RW menjadi Pemecahan Masalah di tengah masyarakat.

Selain mendukung dan menciptakan kebijakan yang dekat dengan masyarakat sebagai pengayom, pengayom dan pelayan.

Dalam program ini, seluruh anggota Polri dari semua fungsi menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pembina kamtibmas di tingkat RW dengan menampung keluhan warga dan melakukan penyelesaian masalah.

Peluncuran program Polisi RW dilakukan melalui apel akbar yang dihadiri seluruh jajaran Polri, prajurit TNI, Dandim 0822, perwakilan pemerintah daerah, kecamatan, dan RW di Mapolres Bondowoso, Selasa (23/5). /2023).

AKBP Bimo Ariyanto, Kapolres Bondowoso mengatakan, program Polisi RW ini dibuat untuk menjadi pemecahan masalah (problem solving) di tengah masyarakat.

“Polres RW ini merupakan program prioritas Polri yang menugaskan anggota di tingkat RW di Desa atau Kelurahan Kabupaten Bondowoso, guna mendeteksi permasalahan sejak dini dan menjadi Problem Solving di tengah tengah Masyarakat,” imbuhnya.

AKBP Bimo mengatakan, Polisi RW nantinya wajib memiliki data tentang persoalan-persoalan intelijen dasar yang terjadi di tingkat tengah RW masing-masing. Sehingga dapat melaporkan potensi permasalahan yang akan terjadi pada pimpinan masing-masing di tingkat Polsek.

Dalam bekerja, Polisi RW bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat. Sehingga terjadi interaksi untuk memecahkan masalah secara bersama-sama dan saling mengembangkan sikap positif, memberikan kesempatan untuk saling memahami tentang apa yang dibutuhkan atau dibutuhkan saat ini, sehingga prinsip-prinsip pemolisian masyarakat dan keadilan restoratif serta akuntabilitas dapat diterapkan.

AKBP Bimo mengungkapkan, total polisi RW  Polres Bondowoso sebanyak 487 personel dengan total 1219 RW.

Kapolres AKBP Bimo Ariyanto menginginkan Polisi RW di Polres Bondowoso  hadir, Bertindak dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Bondowoso, dengan harapan situasi di wilayah hukum Polres Bondowoso tetap damai dan kondusif.

“Polisi RW juga sebagai upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat kepada Polri dan mengedepankan upaya prefentif dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas negara,” pungkasnya.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya