SUARA INDONESIA BONDOWOSO

Resmikan Polres Cilacap Jadi Polresta, Ini Harapan Kapolda Jateng

Satria Galih Saputra - 03 November 2022 | 19:11 - Dibaca 1.40k kali
TNI/Polri Resmikan Polres Cilacap Jadi Polresta, Ini Harapan Kapolda Jateng
Kapolda Jateng Saat Meresmikan Polres Cilacap Jadi Polresta di Lapangan Polresta Cilacap

CILACAP - Perubahan tipelogi Kepolisian Resor (Polres) Cilacap menjadi Kepolisian Resor Kota (Polresta) diharapkan dapat mendorong seluruh personel di Polresta Cilacap agar lebih baik dalam mengemban tugas dalam rangka menumbuhkan mutu pelayanan terhadap publik. 

Hal tersebut disampaikan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi saat peresmian Polres Cilacap menjadi Polresta di Lapangan Polresta Cilacap, Kamis (3/11/2022) pagi. 

Selain itu, kata Kapolda, menumbuhkan semangat dan kualitas kinerja personel secara internal dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, khususnya di Kabupaten Cilacap.

"Kualitas kinerja ini dalam hal operasional, pembinaan serta pelayanan kepada masyarakat dan saya minta untuk meninggalkan paradigma lama," tegas Polisi berpangkat Inspektur Jenderal tersebut. 

Hal itu, lanjut dia, sesuai arahan dan kebijakan dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo guna mendukung 16 program Kapolri dalam mewujudkan Polri Presisi. 

"Saya minta agar saudara sekalian agar lebih peka terhadap dinamika kehidupan sosial dengan memperhatikan harapan masyarakat, dengan ini akan menjadikan institusi Polri yang semakin dicintai dan dipercaya oleh masyarakat," kata Jendral bintang dua itu. 

Irjen Pol Ahmad menambahkan, perubahan tipelogi dari Polres menjadi Polresta tersebut sebagai langkah Polri guna menunjang SDM yang unggul.

Kemudian penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan bagi masyarakat serta memperkuat penataan kelembagaan dan pengawasan.

"Tentunya tanggungjawab saudara sekalian kini menjadi kian besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kabupaten Cilacap," ujar Kapolda Jateng. 

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar menjalin hubungan yang harmonis dan bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada agar terciptanya situasi yang aman dan kondusif, khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap. 

"Kita ketahui ada 11 obyek vital nasional di Kabupaten Cilacap seperti PT. Pertamina, PLTU, PT. SBI dan lainnya. Sehingga diharapkan kinerja Kepolisian lebih optimal lagi dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi berkesempatan meresmikan Polres menjadi Polresta Cilacap. 

Peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama dan penandatangan prasasti oleh Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi. 

Lebih lanjut, penetapan Polres Cilacap menjadi Polresta Cilacap tersebut berdasarkan surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi RI Nomor B/802/M.KT.01/2022.

Dimana surat tersebut dikeluarkan tanggal 4 Agustus 2022 dan sebelumnya Polres Cilacap telah melewati beberapa tahapan proses perubahan tipe. 

Kemudian ditindaklanjuti Kapolri dengan mengeluarkan Keputusan Nomor: KEP/1153/VIII/2022 tanggal 30 Agustus 2022 tentang peningkatan tipe Polres Cilacap menjadi Polresta Cilacap.

Diketahui, dengan perubahan tipe tersebut, jabatan Kapolres dari AKBP naik menjadi Komisaris Besar (Kombes).

Sementara itu, jajaran pejabat utama (PJU) di Polres Cilacap menyesuaikan dengan kenaikan tipe saat ini menjadi Polresta. Adapun jabatan Kepala Satuan (Kasat) juga naik dari AKP menjadi Kompol. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Lukman Hadi

Tags:
#1
Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya