SUARA INDONESIA BONDOWOSO

LAZNAS MAI Gandeng Fatayat NU Ranting Sarwadadi Gelar Khitanan Massal Gratis di Cilacap

Satria Galih Saputra - 18 December 2022 | 18:12 - Dibaca 1.23k kali
Peristiwa Daerah LAZNAS MAI Gandeng Fatayat NU Ranting Sarwadadi Gelar Khitanan Massal Gratis di Cilacap
Sejumlah anak saat mengikuti khitan massal gratis. (Foto: Istimewa)

CILACAP - LAZNAS Mandiri Amal Insani (MAI) Area Purwokerto menggandeng Fatayat NU Ranting Sarwadadi menggelar khitanan massal gratis di Desa Sarwadadi, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (18/12/2022). 

Diketahui, kegiatan bertajuk 'Sinergi Teman Kebaikan Khitan Hingga Pelosok Negeri' diikuti puluhan anak dari beberapa wilayah yang ada di Kecamatan Kawunganten. 

Ketua Mandiri Amal Insani (MAI) Area Purwokerto, Wahyu Hidayat mengatakan, kegiatan bakti sosial ini merupakan agenda akhir tahun LAZNAS MAI.

"Dan pada hari ini kita mengagendakan khitan massal gratis diikuti 40 anak. Diantaranya 20 anak dari Desa Sarwadadi, 11 anak dari Binangun, 4 anak dari Kawunganten Lor, 4 anak dari Kalijeruk dan 1 anak dari Desa Mentasan," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiapkan puluhan tenaga medis dan khitan massal dilaksanakan di dua lokasi berbeda yang berada di Desa Sarwadadi. 

"Kegiatan khitan masal gratis ini dilaksanakan di dua lokasi berbeda, yaitu di Balai Khitan Fatimah dan Griya Sunat Nugroho di Desa Sarwadadi. Dan kami sudah mempersiapkan 12 orang tenaga medis," ungkap Wahyu. 

Fenti Rahayu, mewakili Ketua Fatayat NU Desa Sarwadadi, Amilatul Mustafidah menyampaikan, peserta khitan sudah melalui verifikasi data penyelenggara dan berasal dari keluarga kurang mampu. 

"Khitan massal gratis ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan, namun gratis kepada anak-anak, sehingga mereka bisa menjalankan kewajiban khitan atau sunat sebagai umat Muslim," ujar Fenti. 

Selain itu, kata dia, juga sebagai bentuk pengabdian dan wujud kepedulian Fatayat NU Desa Sarwadadi kepada masyarakat sekitar, khususnya yang kurang mampu. 

Sementara itu, Kepala Desa Sarwadadi, Amin Muzaki mengapresiasi kegiatan khitan massal yang digelar LAZNAS MAI Area Purwokerto bersama Fatayat NU Desa Sarwadadi. 

"Kami sangat mengapresiasi dan atas nama pemerintahan desa, kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga hal ini menjadi amal baik bagi kita semua. Diharapkan kegiatan ini menjadi agenda rutin yang berkelanjutan," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, LAZNAS MAI Area Purwokerto juga memberikan bingkisan kepada puluhan anak-anak peserta khitan berupa tas, baju, sarung, peci, alat tulis dan uang tunai yang diberikan langsung oleh Ketua Wahyu Hidayat. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya