SUARA INDONESIA BONDOWOSO

KPU Bondowoso Ajak Main Gontok-Gontoan Adu Data, Ketua Bawaslu: Silahkan Buktikan ke DKPP RI

Bahrullah - 02 July 2023 | 12:07 - Dibaca 1.24k kali
Peristiwa Daerah KPU Bondowoso Ajak Main Gontok-Gontoan Adu Data, Ketua Bawaslu: Silahkan Buktikan ke DKPP RI
Ahmad Bashari Ketua Ketua Bawaslu Bondowoso saat memarkirkan keterangan pers, (Foto: Istimewa/suaraindonesia.co.id).

BONDOWOSO,Suaraindonesia.co.id- Ahmad Bashari Ketua Ketua Bawaslu Bondowoso menanggapi pernyataan Junaidi Ketua KPU yang mengajak bermain gontok-gontoan untuk mengadu data di sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

Ahmad Bashari mempersilahkan KPU untuk membuktikan kebenaran data tentang aduan Esti Diah Marwati soal dugaan pemalsuan dokumen hasil penetapan seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di sidang DKPP RI.

"Kalau KPU mengajak main gontok-gontoan untuk mengadu data, itu hak mereka, namun jangan salah data itu benar atau tidaknya yang memutuskan nanti DKPP RI. Silahkan nanti kebenaran data bukatika di persidangan," kata Ahmad Bashari, Sabtu (01/07/2023) sore.

Lebih lanjut, Bashari menyampaikan, dari awal laporan terkait dugaan kasus pelanggaran kode etik yang berbentuk dugaan pemalsuan dokumen milik Esti Diah Mawarti soal penetapan hasil seleksi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari awal Bawaslu sudah memproses secara prosedural.

"Secara prosedural dari adanya laporan dari Esti Diah Mawarti kami proses, setelah itu sesuai dengan regulasi, kami kaji dan kirim ke DKPP. Keputusan akhir yang pasti di DKPP, kalau mau adu kebenaran data silahkan nanti KPU yang harus membuktikan itu. Soal keputusan akhir itu juga DKPP," ujarnya.

Bashari mengaku, data penetapan hasil seleksi calon PPS yang selama ini diterima Bawaslu memang data dikeluarkan KPU.

"Data yang sudah diterima Bawaslu, yang pasti itu sudah ada logo KPUnya, ada tanda tangan Ketua Komisionernya, nanti ya KPU yang mempunyai tugas untuk membuktikan, mana data itu yang benar," imbuhnya.

Bashori menerangkan, alat bukti yang dikantongi Bawaslu, terdapat dua pengumuman yang sama persis soal penetapan calon Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Nomor surat, logo, stempel dan tanda tangan sama persis. Pengumuman pertama terbit nama Esti Diah Mawarti dengan nomor register peserta masih sama. Kemudian, terbit pengumuman kedua namanya Esti sudah berganti nama orang lain dengan nomor register peserta milik Esti,” terangnya.

Bashori menelaah, tidak mungkin ada lembaga lain yang mengeluarkan pengumuman yang sama selain dari KPU. Sehingga, Bawaslu menyimpulkan ada indikasi pelanggaran pemalsuan dokumen dan dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh pihak KPU.

“Versi kami ada indikasi pelanggaran kode etik. Perkara pembuktiannya nanti di DKPP,” jelasnya.

Kata Bashari, semua laporan dan aduan yang masuk ke Bawaslu kami proses dan kami kaji berdasarkan regulasi yang ada. Setelah itu diteruskan ke DKPP.

Dia menerangkan, Esti saat melaporkan dugaan pelanggaran kode etik, berupa dugaan pemalsuan dokumen membawa 2 berkas SK KPU, tentang penetapan pengumuman hasil seleksi PPS. 

Berkas yang dibawa Esti itu, kemudian menjadi bukti awal untuk proses itu ditindak lanjuti, dan Bawaslu masuk ke Websitenya KPU, melakukan download data yang sama di instagramnya KPU dan ternyata pengumuman itu sama yang dijadikan barang bukti oleh Esti.

"Selain itu Bawaslu mengirim surat ke KPU untuk meminta print out berkas SK pengumuman penetapan hasil seleksi PPS. Ternyata juga sama persis dengan pengumuman yang kedua dengan yang dibawa Esti," imbuhnya.

Dia memaparkan, persoalan itu terletak di nomor dan nama peserta. Di pengumum pertama itu ada nomor dan nama peserta sama, pengumuman yang kedua juga ada nomor dan peserta. Namun namanya berbeda, tapi sama-sama ditandatangani oleh KPU.

Dia melanjutkan, pengumuman yang Pertama itu nomor peserta dan namanya Esti dibuktikan dengan kartu pesertanya. Di pengumuman yang Kedua nomor peserta itu tetap miliknya Esti, dibuktikan dengan kartu peserta, tapi namanya berbeda, maka itu permasalahanya terletak di sana.

"Kenapa ada dugaan ada pemalsuan dokumen, karena dua duanya ditandatangani oleh para komisioner KPU dan juga data-data itu dikeluarkan oleh KPU.  Namun ada ada yang nama  berbeda di pengumuman kedua. Pengumuman pertama beradar Jam 8 sekian menit, yang lewat instagramnya media sosial seperti KPU itu jam 11 sekian. Yang dijadikan barang bukti oleh Esti pada Bawaslu terkait SK pengumuman penetapan PPS itu semua kecamatan," ujarnya.

Dia mengungkapkan, saat Bawaslu melakukan pemeriksaan kepada KPU, mereka tidak mengakui hasil pengumuman pertama itu,  yang mengeluarkan adalah KPU. Namun yang pasti itu harus dibuktikan nanti kebenarannya, maka nanti pembuktianya ke DKPP. Apakah itu memang dari KPU atau bukan.

"Intinya apa yang kami terima kami sudah kaji dan proses, kemudian dilanjutkan ke DKPP RI," tutupnya.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Ketua KPU Bondowoso mengajak Bawaslu bermain gontok-gontokan, untuk mengadu data di sidang dugaan pelanggaran kode etik DKPP RI.

Junaidi Ketua Komisioner KPU mengajak bermain gontok-gontoan pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bondowoso untuk mengadu data di sidang dugaan pelanggaran kode yang akan digelar oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI nanti di Surabaya.

"Pengadunya kan Bawaslu ni, jadi pengadu saya teradunih. Saling gontok-gontoan ayo, kita mengadu data. Apakah data mereka itu benar, apa data kita itu benar," kata Junaidi di Ballroom Hotel Ijen View Tamansari, Kecamatan/Kabupaten Bondowoso, Jumat Malam (30/06/2023).

Lebih lanjut Junaidi mengaku, KPU Bondowoso sudah siap untuk mengadu data di persidangan nanti. 

Bahkan, KPU sudah siap dengan segala konsekuensinya yang akan diterima dari hasil persidangan DKPP RI nanti.

Dia juga mengaku sudah menerima surat undangan persidangan dari DKPP RI dugaan pelanggaran kode etik nanti pada 4 Juli di Surabaya.

"Kita menunggu informasi selanjutnya terkait pelaksanaan sidang itu akan digelar. Yang pasti itu pengaduan Bawaslu," ujarnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya