SUARA INDONESIA BONDOWOSO

Lomba Perpustakaan Sekolah, Ketua Paguyuban Korwil Bidik se-Kabupaten Cilacap Sambut Positif, Ini Harapannya

Satria Galih Saputra - 09 November 2022 | 23:11 - Dibaca 1.42k kali
Pendidikan Lomba Perpustakaan Sekolah, Ketua Paguyuban Korwil Bidik se-Kabupaten Cilacap Sambut Positif, Ini Harapannya
Ketua Paguyuban Korwil Bidik se-Kabupaten Cilacap Saat Menghadiri Lomba Perpustakaan di SD Negeri Patimuan 01

CILACAP - Pemerintah kabupaten Cilacap melalui Dinas P dan K Cilacap menggelar lomba perpustakaan sekolah tingkat Kabupaten tahun 2022 bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Cilacap. 

Lebih lanjut, lomba perpustakaan sekolah tingkat Kabupaten tersebut diketahui dalam rangka peningkatan literasi di Sekolah Dasar (SD) di wilayah Kabupaten Cilacap. 

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti 4 Sekolah Dasar (SD) mewakili masing-masing Distrik di Kabupaten Cilacap meliputi Distrik Cilacap, Kroya, Sidareja dan Majenang. 

Dalam lomba tersebut, tim penilai melakukan pemantauan seluruh kegiatan perpustakaan dan melakukan penilaian baik dari segi teknis, administrasi, dan kelengkapan perpustakaan serta animo siswa dalam meminjam buku di perpustakaan di masing-masing sekolah tersebut. 

Menanggapi hal tersebut, Supriyanto selaku Ketua Paguyuban Korwil Bidik se-Kabupaten Cilacap menyambut positif adanya lomba perpustakaan sekolah tingkat Kabupaten tersebut. 

"Literasi ini sangat identik dengan membaca, maka dengan adanya lomba perpustakaan ini sebagai upaya bersama untuk meningkatkan minat baca siswa, khususnya di tingkat Sekolah Dasar," ujarnya usai menghadiri kegiatan lomba perpustakaan di SD Negeri Patimuan 01 di Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap, Rabu (9/11/2022). 

Supri menambahkan, dengan aktif membaca, para siswa nantinya akan memiliki kemampuan dalam hal menulis, membuat narasi dan lain sebagainya. Selain itu, menambah wawasan dan ilmu pengetahuan mereka. 

"Kemudian melatih fokus dan meningkatkan daya nalar mereka, sehingga secara teknis, lomba perpustakaan ini benar-benar kegiatan yang sangat baik dan berdampak positif untuk siswa maupun guru," jelasnya. 

Diharapkan dengan perlombaan tersebut, baik siswa maupun guru menjadi termotivasi untuk meningkatkan semangat membaca, sehingga literasi menjadi meningkat. 

"Kalau punya perpustakaan tapi bukunya tidak dipinjam oleh anak kan menjadi tidak bermanfaat dan tidak berfungsi dengan baik, oleh karena itu ini penting menjadi perhatian kita bersama dalam pengelolaan perpustakaan di sekolah," katanya. 

Terpisah, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kabupaten Cilacap, Masghudin mendukung kegiatan lomba perpustakaan sekolah yang digelar Dinas P dan K tersebut. 

"Ini merupakan momentum kebangkitan pasca Pandemi dan perpustakaan itu sangat penting sebagai pendukung utama dalam peningkatan literasi, karena literasi ini merupakan platform merdeka belajar," ungkapnya. 

Ia juga meminta agar perpustakaan yang dimiliki setiap sekolah, khususnya Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Cilacap untuk ditingkatkan dan pengelolaannya lebih dimaksimalkan kembali. 

Selain sarana maupun kelengkapannya, kata Masghudin, petugas perpustakaan tentunya juga harus profesional dalam melayani para pemustaka. 

Hal tersebut, lanjut dia, untuk meningkatkan wawasan pemustaka serta upaya dalam menggiatkan literasi di sekolah.

"Seandainya belum ada tenaga khusus, sekolah bisa menggunakan guru kelas sebagai pengurus perpustakaan dan mudah-mudahan kedepan pemerintah daerah bisa mengalokasikan formasi untuk tenaga perpustakaan," pungkas Masghudin. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Imam Hairon

Tags:
#1
Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya