SUARA INDONESIA BONDOWOSO

Anggota JMSI Terpilih jadi Komisioner Bawaslu Bondowoso

Bahrullah - 19 August 2023 | 16:08 - Dibaca 1.27k kali
News Anggota JMSI Terpilih jadi Komisioner Bawaslu Bondowoso
Muhammad Sadiq Jurnalis (Kanan), Sholikhul Huda Komisioner Bawaslu Bondowoso (Foto: Bahrullah/suaraindonesia.co.id)

BONDOWOSO,Suaraindonesia.co.id- Sholikhul Huda, anggota Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) terpilih menjadi salah satu komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) periode 2023-2028, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Sholikhul Huda terpilih menjadi Komisioner Bawaslu setelah Lolos masuk 5 besar, setelah mengalahkan 10 peserta yang mengikuti tes seleksi ke tahap uji kelayakan yang baru saja selesai proses seleksinya.

Melalui surat bernomor: 2573.1/KP.01.00/K1/08/2023, pengumuman tersebut juga memuat daftar nama Sholikhul Huda komisioner Bawaslu Bondowoso, Provinsi Jawa Timur.

Pengumuman itu juga memuat Bawaslu Kabupaten/Kota terpilih di Provinsi lain setelah sempat tertunda beberapa waktu.

Sholikhul Huda, warga Desa/Kecamatan Curahdami, Kabupaten Bondowoso.

Sholikhul Huda mengawali karirnya menjadi jurnalis Jawa Pos Radar Jember sejak 2012 di Jember. Pada 2015 - 2021, ia pindah ke Kabupaten Bondowoso sebagai jurnalis Jawa Pos Radar Ijen. Ia juga tergabung di organisasi perusahaan pers JMSI Bondowoso.

Lolos Sholikhul Huda menjadi Komisioner Bawaslu Bondowoso menambah sejumlah nama deretan keterwakilan jurnalis yang menjadi komisioner Bawaslu.

Sholikhul Huda mengaku, bersyukur namanya telah terpilih anggota Bawaslu Bondowoso.

Cak Huda sapaan akrabnya, memohon tetap dikawal meski nanti sudah non aktif menjadi jurnalis dan akan fokus bekerja sebagai komesioner Bawaslu Bondowoso.

"Saya akan berkomitmen mengemban amanah dengan menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai komisioner Bawaslu," kata Sholikhul Huda pada suaraindonesia.co.id, Sabtu Pagi (19/08/2023).

Wakil Ketua PC LTN NU Bondowoso ini pun memohon doa agar selalu diberikan kemudahan dalam menjalankan tugas sebagai komisioner Bawaslu.

“Alhamdulillah, lolosnya saya tidak terlepas dari doa orang tua, berkat dukungan sahabat-sahabat NU, JMSI, dan doa dari semua pihak, terima kasih saya ucapkan,” kata Cak Huda seraya mohon didoakan pelantikan di Jakarta dapat berjalan sukses dan lancar. 

Sejak awal Bawaslu RI meyakimi, bahwa Jurnalis merupakan mitra strategis dalam mewujudkan keadilan pemilu.

Demikian sebagaimana disampaikan Totok Hariyono Anggota Bawaslu RI, dikutip suaraindonesia.co.id dari lama wabsite Baswaslu.go.id, Sabtu (18/08/2023).

Lebih lanjut, Totok Hariyono mengatakan, jurnalis merupakan tulang punggung demokrasi dan kawan Bawaslu untuk menjadikan pemilu berkeadilan.

"Hubungan strategis pengawas pemilu dan jurnalis tak hanya soal sejarah dan nilai-nilai yang diperjuangkan," ujarnya.

Totok bercerita, sebelum tahun 2009 salah satu syarat menjadi anggota Bawaslu berasal dari kalangan jurnalis, sementara tugas pengawas pemilu dan pers sama yakni mengawasi.

Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Pemilu Bawaslu RI ini meyakini, Bawaslu dan jurnalis mampu berkolaborasi untuk menjadikan Pemilu 2024 lebih aman, nyaman dan lebih baik dari penyelenggaraan sebelumnya.

Menurutnya, tanpa peran jurnalis, kejanggalan, kelebihan, kekurangan pemilu tidak bisa dievaluasi, tidak bisa dikabarkan ke masyarakat.

"Jurnalis selalu berpijak pada kebenaran dan mereka yang lemah, menjadi tumpuan akses serta kekuatan wartawan untuk membuat mereka berdaya. Pemilu dan jurnalis bagaikan ikan dan air, ikan kan hanya bisa hidup di air," pungkasnya.

Diketahui, 5 orang yang lolos menjadi komisioner Bawaslu Bondowoso diantaranya;

1. Ahmad Zairudin

2. Ismaili

3. Muhammad Hasyim

4. Nani Agustina

5. Sholikhul Huda

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya