SUARA INDONESIA BONDOWOSO

Puluhan Anak Punk di Bondowoso Divaksin, Pelaksanaannya Terapkan Prokes COVID-19

Bahrullah - 15 December 2021 | 02:12 - Dibaca 178 kali
Kesehatan Puluhan Anak Punk di Bondowoso Divaksin, Pelaksanaannya Terapkan Prokes COVID-19
Anak punk menunjukkan sertifikat usai divaksinasi (Foto: BAHRULLAH/Suaraindonesia)

BONDOWOSO- Puluhan anak punk di Kabupaten Bondowoso dilakukan vaksinasi oleh Puskesmas Kademangan.

Vaksinasi itu dilaksanakan sembari menerapkan protokol kesehatan (prokes) COVID-19, dengan cara mengenakan master, dengan antrian yang memperhatikan jarak agar tidak berkerumun, dan melakukan cuci tangan sebelum dilakukan pemeriksaan, dan pemeriksaan kondisi suhu tubuh.

Pelaksanaan vaksinasi pada anak punk dilaksanakan saat saat car free day (CFD) di Alun-alun Bondowoso pada hari minggu dan di tempat-tempat anak punk mangkal, seperti lampu merah.

Hal itu sebagaimana diutarakan oleh Drg. Rahardjanti Kepala Puskesmas Kademangan, Kabupaten Bondowoso, Rabu (14/12/2021).

Lebih lanjut, Rahardjanti membeberkan, anak punk yang berhasil disuntik vaksin pada Minggu 12 Desember 2021 sebanyak 117. Dengan rincian dosis 1 sebanyak 28, dan dosis 2 ada 89 orang.

" Vaksinasi ini merupakan upaya Puskesmas agar Masyarakat semuanya tersentuh program vaksinasi, meskipun pada anak-anak punk yang hidupnya di jalanan, seperti anak punk," ujarnya.

Dia menuturkan, Pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakan dari hari Senin sampai hari Minggu.

" Sebenarnya tidak perlu kalau Minggu cuma petugas yang minta," katanya.

Sementara untuk Hari Minggu kata dia, tenaga kesehatan fokus menggelar Vaksinasi Covid-19 di Masjid Al-Muhibbin Jalan Kis Mangunsarkoro. Kecuali ada jadwal di CFD.

Dia berharap, dengan jemput bola tersebut diharapkan herd immunity di Kabupaten Bondowoso segera tercapai. Dimana minimal 70 persen masyarakat sudah divaksin Covid-19.

Menurutnya, para anak-anak punk tersebut kemungkinan termotivasi sendiri untuk menerima vaksin Covid-19.

" Kan petugas sifatnya melayani yang datang mau disuntik vaksin Covid-19. Adapun jenis vaksin yang tersedia yakni Sinovac, ada Pfizer juga," imbuhnya.

Sementara untuk capaian di wilayah Kademangan kata dia, capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah di atas 100 persen.

 " Kademangan ranking pertama. Awal-awal kita bisa vaksin sebanyak 500 per hari. Namun hari ini kita door to door," jelasnya.

Dia mengatakan, dengan optimalnya vaksinasi bagi masyarakat, maka akan semakin berpotensi cepat selesai pandemi saat ini.

Pihaknya menerangkan, adanya vaksinasi ini dapat melindungi individu yang divaksinasi. Bahkan, membentuk kekebalan kelompok, terutama jika jumlah orang yang divaksinasi dalam masyarakat berada dalam jumlah cukup 70 persen.

" Selain itu melindungi lintas kelompok dengan memberikan vaksin pada kelompok usia tertentu sebagai upaya membatasi penularan pada kelompok lainnya," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya