SUARA INDONESIA BONDOWOSO

Promosikan Ijen Geopark, Pemkab Bondowoso Gandeng Organisasi Pers

Bahrullah - 14 October 2023 | 11:10 - Dibaca 477 kali
Peristiwa Promosikan Ijen Geopark, Pemkab Bondowoso Gandeng Organisasi Pers
Para awak media dan organisasi Pers media trip Ijen Geopark (Foto: Humas Disparpora)

BONDOWOSO,suaraindonesia.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso menggandeng organisasi pers untuk mempromosikan destinasi wisata Ijen Geopark.

Kegiatannya bernama media trip Ijen Geopark. Acara ini melibatkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jember, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bondowoso.

Pj Bupati Bondowoso melalui, Mulyadi Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bondowoso, menjelaskan, Media trip ini untuk mempromosikan ragam Geosite Ijen Geopark yang dimiliki Bondowoso.

"Kami menggandeng insan pers dan organisasi pers melalui kegiatan media trip ijen geopark untuk mempromosikan wisata daerah," ungkapnya lewaat sambungan telepon, Sabtu (14/10/2023) pagi.

Lebih lanjut, Mulyadi menjelaskan, meski Ijen Geopark disematkan oleh Unesco kepada Dua kabupaten yakni Bondowoso dan Banyuwangi pada September 2023 lalu. Namun Bondowoso memiliki Kaldera Ijen Purba dan itu diakui oleh Unesco.

Kata Mulyadi, mungkin perubahan tidak akan sporadis tapi pelan-pelan kita kelola secara maksimal.

Sementara, Ketua Pengurus Harian Ijen Geopark (PHIG) Bondowoso, Tantri menyebut, ada 31 media yang diundang dalam kegiatan media trip selama 2 hari itu.

"Mulai dari edukasi kopi di Kampung Kopi Kluncing Sumberwringin hingga mengunjungi Geosite yang menjadi bagian dari Kaldera Ijen Purba Bondowoso," tuturnya.

Di Kampung Kopi Kluncing, media menerima edukasi berkebun kopi dan juga mengola kopi pasca panen berkualitas ekspor.

"Kemudian mengunjungi Geosite Kalipait, Black Lava Plalangan, Kawah Wurung dan pemandian air panas serta air terjun eksotik di Desa Blawan," urainya.

Tujuan dari diselenggarakan kegiatan ini untuk semakin menggencarkan promosi wisata Ijen Geopark yang telah disematkan kepada Bondowoso.

Untuk diketahui, Unesco secara resmi menganugerahi Bondowoso dan Banyuwangi Ijen Geopark atau Taman Bumi Ijen.

Sekitar 80 persen Ijen Geopark wilayahnya masuk ke teritorial Kabupaten Bondowoso.

Dengan piagam Ijen Geopark yang diterima, maka pariwisata Bondowoso ikut dipromosikan oleh 72 negara.(ADV)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Mahrus Sholih

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya