SUARA INDONESIA BONDOWOSO

Direktur Kemendes Dorong Wisudawan SMAN 1 Sumber Probolinggo Membangun Desa

Bahrullah - 19 May 2022 | 13:05 - Dibaca 1.65k kali
Pendidikan Direktur Kemendes Dorong Wisudawan SMAN 1 Sumber Probolinggo Membangun Desa
Direktur Kemendes saat memberikan sambutan (Foto Istimewa)

PROBOLINGGO- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sumber Probolinggo gelar wisuda angkatan XII.

Acara itu diisi dengan Orasi Ilmiah Dr. H. Rosyid Althaf, M.Si, MP., Direktur Pengembangan SP dan Pusat SKP Kemendes PDTT RI.

Direktur Pengembangan SP dan Pusat SKP Kemendes itu  mendorong semangat luar biasa khususnya bagi Wisudawan SMAN 1 Sumber Probolinggo. Kamis (19/05/2022).

Orasi ilmiah tersebut disampaikan secara virtual oleh Dr. H. Rosyid Althaf, M.Si, MP. Meski dilakukan secara virtual, tidak mengurangi semangat para wisudawan untuk seksama dalam menyimak penyampaian Direktur Kemendes tersebut.

Rosyid Althaf mengajak Wisudawan SMAN 1 Sumber menggunakan kemampuan intelektual organiknya untuk bisa berkolaborasi dengan pemuda desa lainnya dalam membangun desa demi kemajuan bangsa.

Menurutnya, melalui sumber daya alam yang melimpah ruah di daerah Sumber merupakan anugerah Tuhan yang harus bisa dikelola dengan baik untuk kesejahteraan warga sekitar.

“ Kalian memiliki peran penting sebagai agen penggerak perubahan dalam mempelopori pembangunan Desa. Maka, manfaatkan potensi yang ada,” papar Rosyid.

Lebih lanjut, Direktur Kemendes tersebut menekankan kepada para Wisudawan yang tiada lain mayoritas berasal dari desa untuk terus menguatkan semangat gotong royong, etos kerja, dan integritas sebagai kunci keberhasilan dalam membangun desa.

“Jangan renggut masa mudamu untuk terjebak dalam pernikahan dini karena sejatinya pemuda seperti kalian adalah kekayaan termahal yang berpotensi besar membangun desa,” tegas Rosyid yang juga mantan kepala SMAN 2 Jember dan Kasi SMA/SMK/PK-LK Cabdin Jember tersebut.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMAN 1 Sumber Probolinggo, Daris Wibisono Setiawan menyampaikan bahwa dirinya sengaja mengudang Direktur Kemendes tersebut dengan alasan diyakini mampu menyampaikan motivasi berdasarkan kisah panjang perjuangannya yang murni juga berjuang dari desa.

“Pak Direktur tersebut itu nyata-nyata adalah anak desa, berasal dari keluarga petani tambak yang inspiratif. semangatnya untuk terus bergerak tidak pernah padam dalam melakukan perubahan dari desa. Sehingga, sangat tepat untuk menginspirasi anak-anak,” tutupnya Daris.

Gelaran wisuda SMAN 1 Sumber juga mengundang banyak tokoh untuk memberikan motivasi kepada wisudawan, antara lain; Kacabdin Probolinggo, Rektor UNIPAR Jember, dan Anggota DPR RI komisi X Bidang Pendidikan. (*)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya