SUARA INDONESIA BONDOWOSO

Pernak Pernik Catatan Kegiatan Seputar Ramadhan Kepala Madrasah MTsN 8 Jember

Bahrullah - 16 April 2022 | 17:04 - Dibaca 1.73k kali
Pendidikan Pernak Pernik Catatan Kegiatan Seputar Ramadhan Kepala Madrasah MTsN 8 Jember
Aktivitas pagi hari saat para siswa dan siswi MTsN 8 Jember yang disambut dewan guru Uztadz Uztadzah di depan pintu gerbang sebelum masuk ke sekolah (Foto Istimewa)

JEMBER- Bulan suci ramadhan menjadi momen istimewa bagi MTsN 8 Jember, walaupun tempat lembaga ini tidak berada di pusat kota.

Mengapa tidak, di bulan ramadhan ini banyak baragam agenda kegiatan pendidikan spiritual dan karakter dilaksanakan di MTsN 8 Jember. Baik agenda yang sudah memang warisan pendahulu, bahkan ada pula agenda yang inovatif.

Seperti yang telah disampaikan oleh Mustafa Zuhri Kepala MTsN 8 Jember lewat keterangan tertulis pada media, Sabtu (16/4/2022).

Mustafa mengaku, ada perubahan jadwal kegiatan madrasah di saat masuk pada bulan ramadhan ini.

" Hari ini tak seperti biasa, saya masuk kantor pukul 07.42 WIB . Karena hari pertama dalam perhelatan kegiatan bulan suci ramadhan di MTsN 8 Jember. Maka banyak hal yang saya rasakan dan telah dikerjakan oleh teman teman guru, karyawan dan para santri," kata Mustafa.

Mustafa Zuhri, menceritakan, tradisi masuk pagi sebelum bulan puasa yakni, pukul 06.30 WIB. Kegiatan itu sebelumnya sudah menjadi kebiasaan yang mentradisi. Setiap hari di depan pintu MTsN 8 biasanya sudah ada 5 sampai 6 guru menyambut para santri atau siswa siswi madrasah datang.

Melalui tradisi itu, santri diajarkan untuk disiplin waktu, hormat dengan para guru, membiasakan mencium tangan guru dan yang pasti mengucapkan salam.

" Santriwati disambut para ustadzah, sementara santriwan disambut para ustadz yang piket secara bergiliran setiap hari," imbuhnya.

Setelah itu para santri secara tertib tanpa dikomando langsung masuk mushola untuk sholat dhuha, dengan terlebih dulu mengambil wudhu bagi mereka yang dari rumah belum sempat wudhu atau batal wudhu akibat suatu sebab. Bagi yang sudah wudhu mereka pun langsung membaca puji-pujian yang didampingi para ustad dan ustadzah.

" Saya di kegiatan ini harus agak lebih pagi berangkat dari rumah yang jaraknya kurang lebih 40 sampai 50 menit menuju madrasah. Maksimal harus 06.20 WIB sudah ada di madrasah. Dan untuk bulan suci ramadhan Jam 07.45 WIB adalah hal yang wajar, karena kegiatan baru kita mulai pukul 08.10  WIB," imbuhnya.

Mustafa Zuhri mengatakan, tema yang diangkat untuk semarak Ramadhan di MTsN 8 Jember tahun ini adalah "Ramadhan Ceria 1443 H".

Lebih lanjut, Mustafa menerangkan berbagai kegiatan yang telah dirancang oleh para Wakil Kepala (Waka) MTsN 8 Jember, panitia yang melibatkan beberapa guru dan Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM). Seperti, kegiatan rutin, shalat dhuha berjamaah tetap jalan seperti biasa. Meski waktu digeser, namun dilanjut membaca al-quran surat yasin, tahlil dan doa bersama yang dipandu imam sholat.

" Untuk kegiatan Ramadhan Ceria 1443 H ini, ragam kegiatannya agak lumayan padat, namun menarik. Dan saya melihat, draft agenda yang disodorkan panitia sangat luar biasa," kata Mustafa.

Secara terperinci Mustafa memaparkan kegiatan seputar bulan suci ramadhan, diantaranya:

Pertama, sholat dhuha berjamaah, dilanjut membaca surat yasin, tahlil dan doa bersama dipandu seorang ustadz dan di dampingi para dewan guru dengan membaur bersama santri.

Kedua, pondok ramadhan dengan menampilkan kajian keislaman, melihat konten video tentang pentingnya thaharah, praktek wudhu dan praktek gerakan sholat.

Disampaikan Mustafa, agar kegiatan yang dilaksanakan tidak jenuh, panitia memberi paket doorprize untuk santri yang bisa menjawab materi yang disampaikan penyaji atau rangkuman terbaik yang ditulis para santri.

Jumlah doorprize tersebut cukup menarik bagi para santri, terbukti banyak yang antusias. Kegiatan itu berakhir pukul 11 30 WIB, dilanjut sholat dhuhur bersama.

Ketiga , bagi bagi shodaqoh takjil yang rencananya ada ribuan paket takjil yang akan di berikan di sepanjang jalan Sumber Baru, dibagikan oleh para santri, guru, karyawan dan dibantu ibu ibu dharma wanita dengan melibatkan wali santri dan komite madrasah.

Ribuan paket takjil ini, diberikan untuk masyarakat sekitar Madrasah yang pernah dilalui oleh para santri. Dan siapa saja yang melewati jalan yang ada stand para santri dan petugas. Ini akan berlangsung mulai pukul Jam 17.00 WIB.

Keempat, buka puasa bersama keluarga Madrasah, semua civitas akademika plus akan gabung. Baik guru, karyawan, santri, komite, wali santri dan juga ibu ibu dharma wanita akan terlibat penuh.

Kelima, pembagian zakat fitrah, ini merupakan agenda puncak kegiatan Ramadhan ceria 1443 H di MTSN 8 Jember.

" Semua zakat yang terkumpul akan dibagikan kepada para fakir miskin yang sudah didata oleh pengurus OSIM," imbuhnya.

Kata Mustafa, penerimanya diutamakan masyarakat sekitar Madrasah dan wali santri yang sangat membutuhkan.

Menurutnya, kegiatan itu sangat penting, untuk menanamkan nilai solidaritas sosial untuk sesama. Dan harus diberikan sejak dini pada generasi muda khususnya siswa dan siswi MTsN 8 Jember. Agar mereka peka terhadap lingkungannya. Beberapa wali santri sangat mendukung kegiatan Ramadhan ceria di MTsN 8 jember.

" Saya hanya memperkuat kegiatan ini , dan menambal sulam yang sudah diplanning panitia dan waktu yang disodorkan di meja kerja saya. Saya senang dengan tim kecil yang mendiskusikan kegiatan ini, baik yang langsung bertatap muka di ruang kerja saya, maupun di grup WhatsApp yang di share temen temen guru," tutupnya.***

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya