SUARA INDONESIA
Banner

Tanggal 24 Juni 2022 CJH Bondowoso Berangkat ke Mekkah, Bagini Pesan Bupati Salwa

BONDOWOSO - Tanggal 24 Juni 2022 dipastikan Calon jamaah haji (CJH) Bondowoso berangkat ke tanah suci Mekkah.

Kurang lebih 313 orang CJH Bondowoso yang akan berangkat menggunakan armada bus dari berbagai wilayahnya kecamatan.

Hal itu sebagaimana disampaikan KH Bupati Bondowoso pada media, Kamis (16/6/2022).

Lebih lanjut, Bupati Salwa berpesan kepada CJH agar mulai sekarang menjaga kesehatannya. Menurutnya, ibadah haji adalah ibadah fisik dan ibadah finansial.

"Bagi calon jemaah haji, mulai sekarang harus menjaga kesehatan, jangan sampai gagal berangkat karena sakit. Juga harus mengikuti aturan dari petugas medis dan petugas KBIH, dari mulai berangkat sampai pulang ke tanah air," Bupati Salwa berpesan.

Bupati Salwa mengatakan, bahwa moment pemberangkatan haji ini yang ditunggu-tunggu oleh CJH, sebab selama tiga tahun sempat vakum dan tertunda dikarenakan pandemi Covid 19.

"Tahun ini CJH yang berangkat dari Bondowoso lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya," ujar Bupati Salwa.

Menurutnya, tahun sebelumnya Kabupaten Bondowoso biasanya memberangkatkan CJH sekitar 600an orang, namun tahun ini 313 CJH.

"Itu dikarenakan banyak CJH yang ikut ke Jember dan Situbondo" kata Bupati.

Bupati berharap, kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) bisa memaksimalkan skema perencanaan pemberangkatan haji, sehingga CJH tidak keluar dari Bondowoso untuk pemberangkatannya.

"Ini penting, karena menjadi penilaian dari International, bahwa kabupaten Bondowoso sudah ada peningkatan dalam pelaksanaan ibadah haji" ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bondowoso, Sholihul Kirom, menuturkan pemberangkatan awal calon jemaah haji akan menggunakan 7 armada Bus yang terbagi menjadi beberapa titik. Yakni 2 Bus berangkat dari Masjid Agung At taqwa, 1 Bus dari Masjid Al Azar Wonosari, 1 Bus dari Tamanan dan Graha NU Bondowoso. 2 Bus dari Ponpes Darul Falah Cermee, 1 Bus dari Masjid Al Ikhlas Maesan dan Gedung NU Wringin.

Dikatakan Sholihul Kirom, jumlah CJH 313 terdiri dari laki-laki 166 orang, perempuan 147 orang. Sedangkan usia termuda CJH tahun ini asal Bondowoso umur 21 tahun dan usia tertua 65 tahun.

"Seluruh jemaah tersebut akan berangkat pada 24 Juni dan akan pulang ke tanah air pada 6 Agustus 2022. Kami berharap dan berdoa, calon jemaah haji tetap sehat sampai pulang kembali ke rumah masing-masing" pungkasnya.

Apa Reaksi Anda?