SUARA INDONESIA BONDOWOSO

PLTP di Bondowoso Milik PT Medco jadi Proyek Pertama di Jatim, Ramah Lingkungan

Bahrullah - 20 October 2023 | 12:10 - Dibaca 2.49k kali
Ekbis PLTP di Bondowoso Milik PT Medco jadi Proyek Pertama di Jatim, Ramah Lingkungan
Caffe Morning PT Medco Cahaya Geothermal dan media Bondowoso (Foto Istimewa)


BONDOWOSO,suaraindonesia.co.id- Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Belawan, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, milik PT Medco Cahaya Geothermal menjadi proyek pertama di Jawa Timur (Jatim) yang ramah lingkungan.

PLTP yang saat ini masih dalam proses garap, jenisnya tidak sama dengan pembangkit listrik lainnya yang ada di Indonesia, sebab dampak terhadap lingkungan sangat kecil, karena menggunakan energi terbarukan.

Demikian disampaikan Manager Eksternal Relation PT Medco Cahaya Geothermal, Ibnu Nurzaman pada media saat acara coffee morning kemarin ini (19/10/2023) di Hotel Grand Padis.

Ibnu mengatakan, PLTP Blawan Ijen bakal menjadi proyek pertama di Jawa Timur yang menjadi kebanggan masyarakat, sebab saat proyek tersebut beroperasi bakal mendongkrak suplai listrik nasional, utamanya untuk kebutuhan listrik di Jawa Bali.

"Ini penting kami sampaikan kepada seluruh rekan-rekan media, agar ada pemahaman yang sama untuk kedepannya," katanya.

Lebih lanjut, Ibnu menerangkan, dengan memproduksi uap senyawa air dan memanfaatkan panas bumi untuk membangkitkan energi yang ramah lingkungan, maka dapat mengurangi emisi gas rumah kaca.

Katanya, Senyawa air yang digunakan PLTA bukan di area permukaan, melainkan senyawa air yang berada pada kedalaman lebih dari 500 meter dan terpisah oleh batuan penutup dengan air permukaan.

" Tidak akan berdampak pada lingkungan, karena mengganggu sirkulasi ketersediaan air di permukaan serta tidak menyebabkan penurunan permukaan tanah” paparnya.

Sementara, dari sisi produksinya juga diprediksi bakal berlangsung lama, sebab senyawa air panas yang dipakai untuk menghasilkan energi itu dikembalikan lagi ke perut bumi.

Terakhir, Ibnu mengatakan, PLTP merupakan proyek yang mempunyai dampak lingkungan sangat kecil. "PLTP lebih efisien penggunaan lahannya dibandingkan pembangkit lainnya dan dari dampak lingkungan juga sangat rendah, sehingga relatif aman berdampingan dengan aktivitas masyarakat dan pariwisata, seperti yang sudah berjalan di beberapa proyek PLTP lain," pungkasnya.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Wildan Muklishah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya