SUARA INDONESIA BONDOWOSO

Temui Menteri PPN di Situbondo, Bupati Bondowoso Minta Dukungan Pengembangan Ijen Geopark

Bahrullah - 21 April 2021 | 12:04 - Dibaca 950 kali
Pemerintahan Temui Menteri PPN di  Situbondo, Bupati Bondowoso Minta Dukungan Pengembangan Ijen Geopark
KH Salwa Arifin saat Memberikan PPN (foto Istimewa) Cendra Mata pada Memtri

BONDOWOSO - KH Salwa Arifin Bupati Bondowoso juga ikut menemui Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Situbondo, Minggu (18/4/2021).

Di depan Menteri PPN, Bupati Salwa meminta dukungan tentang pengembangan Ijen Geopark yang kini tengah diajukan ke Unesco, permintaan dukungan itu sambil memaparkan lewat video Ijen Geopark.

Bupati Salwa mengharapkan pembangunan infrastruktur di sejumlah situs yang diajukan.

"Seperti pembangunan jalan. Termasuk infrastruktur di tempat wisata," katanya.

Terlebih, Ijen Geopark sendiri kini menjadi salh satu prioritas pengembangan wisata di Bumi Ki Ronggo.

Kata Bupati Salwa pihaknya akan bergerak cepat untuk bisa mendapatkan dukungan itu. Mengingat, dalam sambutannya Menteri PPN menyebut siap mendorong melalui deputi yang ada.

Untuk informasi, dalam pengembangan Ijen Geopark ini ada tiga situs yang diajukan ke UNESCO Global Geopark. Yakni situs geologi, biologi dan culture (budaya).

Situs gelogi ada sembilan. Terdiri dari Kawah Ijen/Blue Fire, Kawah Wurung, Aliran Asem Kalipait, Komplek Mata Air Panas Blawan, Lava Blawan, Air Terjun Gentongan, Aliran Lava Berelangan, Dinding Kaldera Ijen Megasari dan Taman Batu So’on Solor.

Situs Biologi terdiri dari Hutan Pelangi dan Kopi Bondowoso. Sementara situs budaya yakni Struktur Gua Butha Sumber Canting, Struktur Gua Butha Cermee, Situs Megalitik Maskuning Kulon, Singo Ulung dan Tari Petik Kopi.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya