SUARA INDONESIA
Banner

Pengen Rasa Tape Singkong Lembut dan Manis, Begini Cara Mengolahnya

SUARAINDONESIA- Tape merupakan makanan khas Bondowoso yang rasanya manis tanpa pemanis buatan, teksturnya empuk dan dapat menghangatkan badan jika dikonsumsi.

Kali ini Suaraindonesia.co.id akan menjelaskan cara mengolah tape singkong agar rasanya manis dan lembut yang dikutip dari akun youtube Hobi Masak.

Agar singkong berhasil menjadi tape dengan baik dan memiliki cita rasa lembut serta manis memerlukan kecermatan dan kebersihan yang tinggi saat mengolahnya.

"Alat-alat dan bahan-bahan harus bersih. Terutama dari lemak dan minyak," jelasnya dalam akun youtube Hobi Masak.

Dijelaskan pula, Singkong menjadi lunak dan manis, karena proses fermentasi yang baik. Pemberian ragi secukupnya serta penutupan yang rapat saat dilakukan fermentasi.

" Selama proses fermentasi berlangsung juga harus diperhatikan, Jangan dibiarkan begitu saja. Karena kalau lebih dari 3 hari, tape menjadi lembek dan matang," jelasnya.

Cara pengolahannya, pertama singkong dicuci bersih dan dipotong-potong sesuai selera masing-masing. Lalu singkongnya bisa dikukus atau direbus.

" Direbus nya setengah matang saja ia, jangan sampai singkong pecah-pecah," imbuhnya.

Setelah singkong masak setengah matang, baru diangkat dan ditiriskan sampai kering dan dingin. Baru siapkan beberapa butir ragi yang siap ditumbuk sampai halus.

Pastikan singkong sudah dingin dan kering, kemudian beri taburan ragi sedikit demi sedikit.

Untuk proses fermentasi, siapkan tempat dan lapisi daun pisang yang sudah dicuci bersih. Daun pisang harus dalam keadaan kering, tidak basah.

Setelah lapisan daun pisang ditata rapi, baru ditaburi ragi sedikit-sedikit. Taruh singkong diatas daun pisang yang sudah ditaburi ragi, dan lakukan secara berulang. Setelah selesai, tutup singkong tersebut sampai benar-benar rapat.

 Diamkan selama 2 atau 3 harian. Setelah 2 atau 3 hari, tape sudah jadi dengan lembut dan manis.

" Selamat mencoba para penikmat tape," tutupnya.

Apa Reaksi Anda?